Selasa, 11 Januari 2011

Virtual LAN

SWITCH ?
Salah satu peralatan yang banyak digunakan dalam sebuah jaringan komputer adalah Switch. Sebuah alat yang bekerja di layer 2 data link pada OSI model. Switch mempunyai ”otak” yang dapat mencatat daftar alamat MAC dari semua komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan komputer. Sehingga switch dapat mengurangi lalu lintas jaringan dengan hanya menyampaikan pesan tentang paket-paket yang tidak dikenali oleh tabel daftar alamat MAC.

Setiap port yang dimiliki oleh sebuah switch memiliki ”jalur” sendiri-sendiri sehingga tidak akan mengganggu port yang lainnya. Dan switch dapat menciptakan sebuah segmen jaringan tersendiri yang bersifat private.

Sehingga sebuah switch dapat membentuk sebuah Virtual Private Network (VPN) dari port pengirim dan penerima sehingga jika ada sebuah komputer yang saling berkomunikasi lewat jalur VPN tersebut maka segmen lainnya tidak akan terganggu.

Virtual LAN ?
Sebuah fasilitas menarik disediakan oleh Cisco switch yakni Virtual LAN (VLAN) dimana port-port yang tersedia dalam sebuah switch dapat dibagi menjadi beberapa segmen virtual yang mempunyai ”tempat” dan ”jalur” sendiri. Fasilitas tersebut dapat Anda gunakan untuk mengurangi sinyal broadcast yang dipancarkan oleh masing-masing komputer untuk memperkenalkan dirinya ke dalam sebuah jaringan komputer. Apabila jaringan yang Anda kelola semakin berkembang dan besar maka sinyal broadcast ini akan sangat mengganggu lalu lintas paket di jaringan tersebut.Untuk itu Anda harus dapat menguranginya dengan membaginya menjadi kelompok yang lebih kecil, seperti subnetting. Jika subnetting membagi jaringan berdasarkan netwok ID-nya maka VLAN membagi jaringan secara logika berdasarkan port yang ada pada sebuah switch.

Beberapa keuntungan menggunakan VLAN antara lain :
- Meningkatkan jumlah sinyal broadcast tetapi mengurangi ukuran sinyal broadcast yang beredar dalam sebuah jaringan.
- Mengurangi usaha yang harus Anda keluarkan untuk membuat sub jaringan baru.
- Tidak perlu menambah peralatan jaringan baru karena jarigan dapat dibagi secara logika.
- Meningkatkan kualitas kontrol pada lalu lintas di dalam jaringan.

Mengkonfigurasi VLAN
Untuk mengkonfigurasi sebuah VLAN Anda harus masuk dalam mode [Global Configuration]. Urutan perintah yang harus Anda lalui untuk memasukkan sebuah port ke dalam
VLAN adalah :
1. Beri nama pada VLAN yang akan dibentuk.
2. Tentukan port yang akan di VLAN.
3. Masukkan port ke dalam VLAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar